Unik! Anggota TNI di Pulau Terluar Ini Punya ‘Senjata Ampuh’, Ajari Murid TK

| Diterbitkan Pada:
Keterangan Foto:
Bagikan:

Talaud, LiraNews — Menggunakan metode atau cara – cara yang unik untuk mengajar anak – anak sekolah yang masih duduk di bangku Taman Kanak – Kanak (TK) sudah sering dilakukan para guru untuk memberikan metode pengajaran yang efektif dan tidak membuat anak – anak bosan atau merasa jenuh.

Hal unik ini juga yang dilakukan Babinsa dari Koramil 1312-07/Miangas, Serda Aser Papea, saat memberikan materi di Sekolah Taman Kanak – Kanak (TK) “Wui Batu” desa Miangas, Kecamatan Khusus Miangas, Kabupaten Kepulauan Talaud, Jumat (30/8/2019).

Prajurit TNI yang bertugas di Pulau Terluar yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Filipina ini, memiliki cara yang sangat unik dengan metode pengenalan materi kepada anak-anak TK yang dikemas dengan cara santai dan menarik perhatian anak-anak tersebut.

Serda Papea memberikan materi sambil bermain, bercerita, dan sesekali sambil bernyanyi bersama anak-anak ini dengan penuh gembira. Anak-anak pun sangat antusias dan sesekali mengerumuni Serda Papea. Bahkan, diajak bermain bersama mereka di ruang kelas.

Selain itu, dalam kegiatan proses belajar mengajar, Serda Papea memberikan pengenalan materi berhitung dengan menggunakan sarana yang ada di dalam ruang kelas dalam bentuk benda (alat peraga – red) yang mudah untuk diingat, dihafalkan, dan mudah dimengerti oleh anak-anak.

“Kehadiran kami (Babinsa – red) di Taman kanak-kanak (TK) ini, disambut gembira oleh siswa – siswi. Kegiatan ini kami lakukan, karena merupakan bagian dari tugas Koramil kepada warga yang berada di desa binaannya,” tutur Serda Aser Papea, usai memberikan materi di TK Wui Batu Miangas.

Kegiatan yang dilakukan para Babinsa ini, mendapat apresiasi dari para guru, dan orang tua murid yang berada di sekolah tersebut.

“Karena dengan adanya Babinsa yang hadir disekolah ini, dengan pengenalan materi yang kreatif, dan unik seperti ini, tentu saja dapat memotivasi semangat belajar dari anak-anak kita,” puji salah satu orang tua murid, kepada Babinsa.

“Terimakasih kepada Babinsa yang sudah hadir ditengah-tengah murid TK, dengan adanya kehadiran Babinsa, tadi saya lihat seluruh murid berperan aktif, senang, ceria, dan semangat mengikuti proses belajar mengajar,” tambah Kepala Sekolah TK Wui Batu Miangas, Lister Lantaa.

Melihat kegiatan positif yang dilakukan prajuritnya, Dandim 1312/Talaud melalui Danramil 1312-07/Miangas, Mayor (Inf) Syamsul Maarif menyampaikan terima kasih kepada pihak sekolah dan Babinsa yang sudah mengambil waktu untuk berbagi ilmu kepada murid-murid di sekolah tersebut.

“Terimakasih kepada pihak TK yang dapat menerima kehadiran Babinsa untuk membantu guru dalam proses belajar mengajar. Hal ini merupakan salah satu bentuk sinergitas Babinsa dengan guru – guru dalam upaya mencerdaskan generasi bangsa pada usia dini,” terang Danramil.

Danramil berharap, kehadiran Babinsa di sekolah betul-betul memiliki sisi positif dan terasa nyata dalam pelaksanaannya, karena ada sebagian anak-anak yang merasa jenuh ke sekolah, sebab merasa bosan dengan proses belajar mengajar yang tidak efektif.

“Hal ini harus kita pecahkan solusinya, sehingga anak – anak kita dapat menjadikan sekolah sebagai sarana berinteraksi sosial bersama guru dan teman – temannya disekolah, serta merasa nyaman dan terus bersemangat untuk kesekolah,” pungkasnya. .

Sat Aug 31 , 2019
Jakarta, LiraNews — Presiden Soekarno NKRI dan Presiden JF Kennedy AS Berjuang bersama membebaskan Irian Barat dari penindasan imperialis Kerajaan Protestan Belanda. Seluruh kekuatan bangsa dari berbagai suku dan agama di Indonesia, dicurahkan oleh Presiden Soekarno untuk membebaskan Irian Barat. May Jen Soeharto mempimpin operasional militernya dlm penyerangan pembebasan Irian […]