Resmi Ditutup, PTA Diharapkan Jadi Wadah ‘Pembentukan Karakter’ Insan Pramuka

| Diterbitkan Pada:
Keterangan Foto:
Bagikan:

Talaud, LiraNews — Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) Gerakan Pramuka di SMA Negeri 1 Kabaruan, yang berlangsung sejak Jumat (30/8/2019) lalu telah berakhir dan resmi ditutup, Selasa (3/9/2019) pagi tadi.

Selama kurang lebih lima hari kegiatan ini berlangsung, tentunya ada banyak hal yang telah diterima dan dilalui para siswa – siswa.

Baik pembinaan secara fisik maupun pembinaan karakter, sudah mereka dapatkan dari kakak – kakak pembina selama mereka ditempa di kegiatan ini.

Sebagai salah satu kakak pembina dalam kegiatan tersebut, Plh Danramil 1312-01/Kabaruan, Serka Melki Tatundu, mengatakan kegiatan ini harus ada goal yang dicapai untuk para siswa – siswa.

Kegiatan ini, kata Danramil, jangan sekedar dijadikan ceremonial atau rutinitas yang dilaksanakan disetiap sekolah, tetapi mampu membentuk karakter dari setiap siswa – siswi ini.

“Penerimaan tamu ambalan ini harus membawa perubahan bagi adik-adik ambalan dalam hal sikap dan perilaku, artinya pembinaan karakter pada insan pramuka, mampu di praktekkan dalam kehidupan setiap hari,” ucap Danramil,
di lapangan apel SMA Negeri 1 Kabaruan saat menyampaikan amanat.

Ia berharap, para siswa – siswa mampu mengamalkan Dasa Dharma Pramuka dalam kehidupan sehari – hari, dalam kehidupan berbangsa, dan bernegara, sebagai generasi penerus bangsa Indonesia yang Patriot dan Ksatria.

“Mengutip sebagian dalam Dasa Dharma Pramuka, terdapat doktrin patriot, ksatria, dan disiplin. Maka ditekankan bahwa beberapa doktrin tersebut harus melekat pada setiap adik-adik ambalan,” pesan Tatundu, sekaligus menutup seluruh rangkaian kegiatan.

Diakhir kegiatan, tampak kakak-kakak pembina, para dewan ambalan saling berjabat tangan serta menyampaikan terimakasih atas arahan, dan motivasi yang disampaikan Danramil Kabaruan, saat upacara pembukaan maupun upacara penutupan kegiatan tersebut.

Mereka juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota TNI dalam hal ini Babinsa Koramil 1312-01/Kabaruan di jajaran Kodim 1312/Talaud yang telah terlibat dalam kegiatan tersebut.

“Harapan kami, kadepannya kegiatan seperti ini lebih membawa dampak baik kepada adik-adik ambalan pada tahun mendatang. Terimakasih Pak Danramil dan semua anggota yang sudah terlibat,” ucap salah satu kakak pembina. LN-RED

Tue Sep 3 , 2019
Merauke, LiraNews — Sebagai satuan pengamanan wilayah perbatasan, Prajurit TNI Batalyon Infanteri Mekanis Raider (Yonif MR) 411/Pdw Kostrad yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI-PNG, harus bisa menjadi pelopor dan teladan bagi masyarakat dalam melaksanakan gotong royong. Hal inilah yang mendorong personel Pos Toray untuk selalu hadir membantu di tengah-tengah masyarakat. […]