Jaga Kelestarian Objek Wisata, TNI & Warga Perbaiki Sumur Tua Warambang

  • Whatsapp
banner 468x60

Talaud, LiraNews – Puluhan warga desa Kalongan bersama anggota Koramil 1312-02/Lirung, secara bersama-sama memperbaiki salah satu objek wisata yang berada di Kecamatan Kalongan, Kabupaten Kepulauan Talaud, Rabu (2/10/2019).

Kegiatan yang diprakarsai oleh Koramil 1312-02/Lirung ini, adalah bentuk tanggungjawab TNI Angkatan Darat sebagai Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil) terhadap pelestarian lokasi maupun objek wisata yang ada di wilayah binaan Koramil Lirung.

“Sesuai petunjuk dan perintah Komandan Kodim 1312/Talaud kepada kami, agar melaksanakan koordinasi dengan pemerintah kecamatan dan pihak adat dalam usaha untuk melaksakan pemugaran Sumur Tua tersebut,” ujar Plh Danramil 1312-02/Lirung, Serka Will Briner Bee.

Bee menerangkan, mengapa perlunya dilaksanakan perbaikan, agar objek wisata tersebut tetap terjaga dengan baik tanpa mengurangi nilai sejarah yang ada objek wisata itu sendiri.

“Agar nilai sejarahnya dapat tetap terjaga, maka perlu dilakukan perbaikan disekitaran objek wisata tersebut. Salah satunya dengan memperbaiki dinding (tembok – red) yang berada disekitaran tembok itu. Tujuannya agar sumur yang ada didalamnya tetap dalam kondisi baik, maka perlu untuk dilestarikan,” ungkap Bee

Camat Kalongan, P. O. Taareluan berkata, dalam pelaksanaan perbaikan ini masyarakat Kalongan akan terus bersama TNI untuk menyelesaikan pekerjaan itu hingga selesai.

“Kami akan membantu Koramil Lirung dalam pekerjaan pemugaran ini sampai selesai,” tukas Taareluan

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Dandim 1312/Talaud yang telah memberikan perhatian khusus bagi warga yang ada di desa Kalongan.

“Saya, atas nama masyarakat sangat berterimakasih kepada Pak Dandim yang telah memberikan perhatian khusus bagi kami masyarakat Kalongan dengan memerintahkan Koramil Lirung untuk melaksanakan Pemugaran salah satu objek wisata di daerah ini,” tandas Taareluan

Dalam kesempatan ini, pemerintah desa dan tokoh adat Kecamatan Kalongan melaksanakan ibadah dan doa bersama dalam rangka pemugaran objek wisata sumur tua “Warambang”.

Turut hadir Kapospol Kalongan, Aipda M. Binilang, Kades Kalongan Selatan, Enos Genggang, Tokoh Agama, Pdt. Agustina Taareluan, Tokoh Adat, Konstan Taruh, serta Tokoh Masyarakat. LN-GLC

banner 300x250

Related posts

banner 468x60